Laman

Kamis, 12 Januari 2017

Makalah Administrasi dan Manajemen



BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Banyak teori yang mengatakan kegiatan administrasi atau tulis menulis atau lebih di kenal dengan ketata usahaan di sebuah lembaga mempunyai out put yang sangat penting, sehingga tidak bisa di pandang kurang penting fungsinya. Menurut Soewarno Handayaningrat, dalam bukunya “Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen”, administrasi adalah suatu kegiatan yang meliputi catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan.
Sedangkan Manajemen diartikan sebagai pelaksana dan pengambilan keputusan dari administrasi.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah pengertian Administrasi dan Manajemen ?
2.      Mana yang lebih luas diantara Administrasi dan Manajemen ?
C.     Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui pengertian Administrasi dan Manajemen.
2.      Untuk mengetahui mana yang lebih luas diantara Administrasi dan Manajemen.
D.     Manfaat
1.      Memberikan wawasan, pengetahuan tentang beberapa pengertian dari Administrasi dan Manajemen.
2.      Mahasiswa dapat mengetahui dan mampu mengenal mana yang lebih luas diantara Administrasi dan Manajemen.
                                                                           




BAB II
PEMBAHASAN
A.     Pengertian Administrasi
Administrasi berasal dari bahasa latin yaitu “administrare”. Dalam bahasa Inggris perkataan Administrasi itu adalah administration, yang dalam bahasa Indonesia mengandung arti melayani, memenuhi, mengatur, menyelenggara-kan, suatu usaha atau suatu organisasi/lembaga dalam mencapai tujuannya secara intensif. Administrasi dapat diartikan sebagai seluruh proses pelaksana-an kegiatan yang dilakukan oleh dua orang/lebih secara rasional dalam rangkai mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
Adapun pengertian menurut para ahli tentang Administrasi yaitu :
1.      Leonald D. White, Administrasi adalah suatu proses yang biasanya terdapat pada semua usaha kelompok, baik usaha pemerintah ataupun swasta, sipil atau militer dalam skala besar ataupun kecil.
2.      Herbert A. Simon, Administrasi adalah kegiatan dari kelompok orang-orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
3.      The Liang Gie, Administrasi adalah segenap proses penyelenggaraan dalam segenap usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
B.     Pengertian Manajemen
Manajemen berasal dari bahasa latin yaitu dari asal kata “manus” yang berarti tangan dan “agere” yang berarti melakukan. Kata-kata itu di gabung menjadi kata kerja “managere” yang berarti menangani, managere diterjemah-kan kedalam bahasa Inggris dalam bentuk kata kerja to manage untuk orang yang melakukan kegiatan manajemen akhirnya management diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia menjadi manajemen/pengelolaan.
Jadi Manajemen adalah ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Adapun pengertian menurut para ahli tentang Manajemen yaitu :
1.         Stoner, Manajemen adalah proses, perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengawasi usaha-usaha dari suatu organisasi dan dari sumber-sumber organisasi dan dari sumber organisasi lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2.         S.P Hasibuan, Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfa-atan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu.
3.         Harold Koontz and Cyrill O’Donnel, Manajemen adalah terlaksananya pekerjaan melalui orang lain.
Apabila disimpulkan pendapat-pendapat diatas, maka manajemen dapat di artikan sebagai ilmu untuk memimpin suatu usaha atau organisasi mulai dari merencanakan, membagi tugas sesuai dengan pendidikan dan keahliannya, serta melakukan pengawasan agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
C.     Hubungan antara Administrasi dan Manajemen
1.         Dalam penerapan administrasi dan manajemen tidak dapat dipisahkan hanya kegiatannya yang dapat dibedakan.
2.         Administrasi bersifat konsep, menentukan tujuan dan kebijaksanaan u-mum secara menyeluruh. Sedangkan manajemen sebagai subkonsep, bertugas melaksanakan semua kegiatan untuk mencapai tujuan dan kebi-jaksanaan yang sudah tertentu pada tingkat administrasi.
Administrasi lebih luas daripada manajemen, karena manajemen sebagai salah satu unsur dan merupakan inti dari administrasi. Manajemen sebagai inti administrasi merupakan alat pelaksana utama dari administrasi. Manajemen tidak melaksanakan sendiri kegiatan yang bersifat operasional, melainkan mengatur tindakan-tindakan pelaksanaan oleh sekelompok orang yang disebut “bawahan”. Jadi dengan manajemen administrasi akan mencapai tujuannya.








BAB III
PENUTUP
A.     Kesimpulan
Administrasi adalah seluruh proses pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh dua orang/lebih secara rasional dalam rangkai mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Sedangkan Manajemen adalah ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Kegiatan manajemen juga merupakan unsur dari administrasi, bukan merupakan faktor terjadinya administrasi.
B.     Pendapat Pribadi
Administrasi lebih luas daripada manajemen, karena manajemen sebagai salah satu unsur dan merupakan inti dari administrasi sebagai pelaksana yang bersifat operasional melainkan mengatur tindakan - tindakan pelaksanaan oleh sekelompok orang yang disebut “bawahan” jadi dengan manajemen adminis-trasi akan mencapai tujuannya.

















DAFTAR PUSTAKA
Jamal Sudirman, dkk. 2005. Ekonomi: Bandung. Yudistira.
Soewarno Handayaningrat. 1996. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen: Jakarta. Gunung Agung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar