BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Banyak
teori yang mengatakan kegiatan administrasi atau tulis menulis atau lebih di
kenal dengan ketata usahaan di sebuah lembaga mempunyai out put yang sangat
penting, sehingga tidak bisa di pandang kurang penting fungsinya. Menurut
Soewarno Handayaningrat, dalam bukunya “Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan
Manajemen”, administrasi adalah suatu kegiatan yang meliputi catat-mencatat,
surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik mengetik, agenda dan sebagainya yang
bersifat teknis ketatausahaan.
Sedangkan
Manajemen diartikan sebagai pelaksana dan pengambilan keputusan dari
administrasi.
B.
Rumusan
Masalah
1. Apakah
pengertian Administrasi dan Manajemen ?
2. Mana
yang lebih luas diantara Administrasi dan Manajemen ?
C.
Tujuan
Penulisan
1. Untuk
mengetahui pengertian Administrasi dan Manajemen.
2. Untuk
mengetahui mana yang lebih luas diantara Administrasi dan Manajemen.
D.
Manfaat
1. Memberikan
wawasan, pengetahuan tentang beberapa pengertian dari Administrasi dan
Manajemen.
2. Mahasiswa
dapat mengetahui dan mampu mengenal mana yang lebih luas diantara Administrasi
dan Manajemen.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Administrasi
Administrasi
berasal dari bahasa latin yaitu “administrare”. Dalam bahasa Inggris perkataan
Administrasi itu adalah administration, yang dalam bahasa Indonesia mengandung
arti melayani, memenuhi, mengatur, menyelenggara-kan, suatu usaha atau suatu
organisasi/lembaga dalam mencapai tujuannya secara intensif. Administrasi dapat
diartikan sebagai seluruh proses pelaksana-an kegiatan yang dilakukan oleh dua
orang/lebih secara rasional dalam rangkai mencapai tujuan yang telah ditentukan
sebelumnya.
Adapun
pengertian menurut para ahli tentang Administrasi yaitu :
1. Leonald
D. White, Administrasi adalah suatu proses yang biasanya terdapat pada semua
usaha kelompok, baik usaha pemerintah ataupun swasta, sipil atau militer dalam
skala besar ataupun kecil.
2. Herbert
A. Simon, Administrasi adalah kegiatan dari kelompok orang-orang yang
bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
3. The
Liang Gie, Administrasi adalah segenap proses penyelenggaraan dalam segenap
usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
B.
Pengertian
Manajemen
Manajemen
berasal dari bahasa latin yaitu dari asal kata “manus” yang berarti tangan dan
“agere” yang berarti melakukan. Kata-kata itu di gabung menjadi kata kerja
“managere” yang berarti menangani, managere diterjemah-kan kedalam bahasa
Inggris dalam bentuk kata kerja to manage untuk orang yang melakukan kegiatan
manajemen akhirnya management diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia menjadi
manajemen/pengelolaan.
Jadi
Manajemen adalah ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber
daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Adapun
pengertian menurut para ahli tentang Manajemen yaitu :
1.
Stoner, Manajemen adalah proses,
perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengawasi usaha-usaha dari suatu
organisasi dan dari sumber-sumber organisasi dan dari sumber organisasi lainnya
untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2.
S.P Hasibuan, Manajemen adalah ilmu dan
seni mengatur proses pemanfa-atan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya
secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu.
3.
Harold Koontz and Cyrill O’Donnel,
Manajemen adalah terlaksananya pekerjaan melalui orang lain.
Apabila
disimpulkan pendapat-pendapat diatas, maka manajemen dapat di artikan sebagai
ilmu untuk memimpin suatu usaha atau organisasi mulai dari merencanakan,
membagi tugas sesuai dengan pendidikan dan keahliannya, serta melakukan pengawasan
agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
C.
Hubungan
antara Administrasi dan Manajemen
1.
Dalam penerapan administrasi dan
manajemen tidak dapat dipisahkan hanya kegiatannya yang dapat dibedakan.
2.
Administrasi bersifat konsep, menentukan
tujuan dan kebijaksanaan u-mum secara menyeluruh. Sedangkan manajemen sebagai
subkonsep, bertugas melaksanakan semua kegiatan untuk mencapai tujuan dan
kebi-jaksanaan yang sudah tertentu pada tingkat administrasi.
Administrasi lebih luas
daripada manajemen, karena manajemen sebagai salah satu unsur dan merupakan
inti dari administrasi. Manajemen sebagai inti administrasi merupakan alat
pelaksana utama dari administrasi. Manajemen tidak melaksanakan sendiri
kegiatan yang bersifat operasional, melainkan mengatur tindakan-tindakan
pelaksanaan oleh sekelompok orang yang disebut “bawahan”. Jadi dengan manajemen
administrasi akan mencapai tujuannya.
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Administrasi
adalah seluruh proses pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh dua orang/lebih secara
rasional dalam rangkai mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
Sedangkan Manajemen adalah ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua
sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
Kegiatan manajemen juga merupakan unsur dari administrasi, bukan merupakan
faktor terjadinya administrasi.
B.
Pendapat
Pribadi
Administrasi
lebih luas daripada manajemen, karena manajemen sebagai salah satu unsur dan
merupakan inti dari administrasi sebagai pelaksana yang bersifat operasional
melainkan mengatur tindakan - tindakan pelaksanaan oleh sekelompok orang yang
disebut “bawahan” jadi dengan manajemen adminis-trasi akan mencapai tujuannya.
DAFTAR PUSTAKA
Jamal
Sudirman, dkk. 2005. Ekonomi:
Bandung. Yudistira.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar